Kandungan dalam Kosmetik Ini Ancam Kesehatan Anda

HOTSPOTSONE -- BANYAKNYA bahan kimia yang membahayakan tubuh di sekitar Anda membuat kewaspadaan perlu ditingkatkan. Tidak saja dalam menyeleksi barang kebutuhan sehari-hari yang dikonsumsi, tapi juga penggunaan kosmetik.

Ada banyak bahan berbahaya di sekitar kita. Semuanya beredar dalam barang-barang yang Anda gunakan sehari-hari. Salah satu bahan berbahaya yang wajib diwaspadai ialah phthalates.

Phthalates sendiri merupakan bahan kimia yang digunakan dalam berbagai produk sehari-hari. Saat ini banyak penelitian yang mengaitkan adanya paparan phthalates yang dapat mengganggu kesehatan.

Keberadaan zat berbahaya tersebut bisa Anda temui pada barang-barang sehari-hari, seperti mainan, deterjen, minyak pelumas, kemasan makanan, cat kuku, sabun, dan sampo. Dalam kosmetik sendiri, phthalates digunakan dengan kosentrasi kurang dari 10 persen. Bahan phthalates yang digunakan dalam kosmetik, antara lain dibutylphthalate (DBP), dimethylphthalate (DMP), dan diethylphthalate (DEP), demikian yang dikutip dari Food and Drug Administration (FDA), Amerika Serikat.

Penelitian mengenai bahan ini memang sudah banyak dilakukan. Pada sebuah panel yang diselenggarakan antara 1998-2000, para peneliti menyimpulkan bahwa adanya risiko reproduksi dari paparan phthalates. Meskipun efek buruknya masih kecil, namun jika terus-menerus digunakan, maka dapat berakibat fatal pada kesehatan Anda. Beberapa kasus bahkan menunjukkan adanya kandungan phthalates ditemukan pada urin pasien.

Meskipun paparan yang efeknya masih belum mengkhawatirkan, FDA sendiri membuat sebuah regulasi tentang penggunaan bahan tersebut pada campuran kosmetik, sehingga risiko gangguan kesehatan akibat paparan phthalates dapat dicegah.