10 Gunung Tak Boleh Dijadikan Tempat Upacara HUT RI



BANDUNG- Puncak gunung menjadi tempat favorit kalangan pecinta alam dan organisasi kepemudaan sebagai tempat menggelar upacara HUT RI. Namun tahun ini ada 10 gunung yang direkomendasikan tidak dijadikan tempat upacara pada 17 Agustus besok.

Gunung-gunung tersebut adalah Anak Krakatau di Selat Sunda, Marapi (Sumatera Barat), Semeru (Jawa Timur), Bromo (Jatim), Soputan (Sulawesi Utara), Lokon (Sulut), Karangetang (Sulut), Papandayan (Jawa Barat), Gamalama (Maluku Utara), dan Gunung Ibu (Malut).

Kepala Sub Bidang Pengamatan Gunung Api Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) Badan Geologi, Agus Budianto, mengungkapkan, 10 gunung api itu didapat dari hasil amatan PVMBG terhadap 68 gunung api di Indonesia.

"Kami rekomendasikan supaya tidak melaksanakan upacara di sana," kata Agus, Selasa (16/8/2011).

Lima dari 10 gunung tersebut kini berstatus Siaga, yakni Gunung Soputan, Lokon, Karangetang di Sulawesi Utara; Papandayan di Jawa Barat; dan Gunung Ibu di Maluku Utara. Sisanya berstatus waspada.

Bahkan, kata Agus, pihaknya mendapat laporan dari pendaki Gunung Semeru, pada 17 Juli lalu mereka terkena lemparan material meski jarak mereka 2 sampai 3 kilometer dari kawah.

"Para pendaki sampai tiarap untuk hindari lemparan. Jadi sangat berisiko, apalagi dalam situasi upacara dengan jumlah masa probabilitas kena lemparan sangat besar," tuturnya.

Sementara untuk gunung lain di luar 10 gunung tersebut, tidak membahayakan. Mengenai status Gunung Merapi Yogyakarta dan Jawa Tengah, Agus menyebutkan bahwa kondisi terkini masih dievaluasi.